Selasa, 07 April 2015

Menggunakan Gerak-gerik, Mimik dan Intonasi, Sesuai dengan Watak Tokoh dalam Pementasan Drama



Menggunakan Gerak-gerik, Mimik dan Intonasi, Sesuai dengan Watak Tokoh dalam Pementasan Drama

Agar dialog dlam drama lebih ekspresif dan dapat menunjukkan karakter tokohnya, kita harus memperhatikan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik dan gerak-gerik.
1.      Lafal
Lafal adalah cara pengucapan bunyi bahasa. Dalam drama, bunyi-bunyi itu harus terdengar dengan benar dan jelas sehingga pendengar dapat memahami dialog-dialognya.
Agar mampu mengucapkan bunyi bahasa dengan baik, kita harus melakukan latihan berikut.
a.       Mengucapkan alphabet dengan benar.
b.      Memvariasikan dengan pengucapan lambat, cepat, naik, turun dan sebagainya.
c.       Membaca kalimat dengan berbagai variasibentuk mulut yang benar.
2.      Intonasi
Intonasi adalah naik turunnya lagu kalimat. Intonasi sangat penting dalam drama. Tidak hanya membedakan maksud-maksud kalimatnya, tetapi juga dalam menghidupkan drama itu sendiri.
3.      Tekanan
Tekanan/nada berkaitan dengan keras-lemahnya pengucapan kata-kata tertentu. Tekanan bermanfaat untuk memperjelas maksud suatu kalimat.
4.      Mimik
Mimik atau roman muka berperan dalam memperjelas maksud dialog, terutama yang berkaitan dengan unsure emosinya. Beragam emosi seperti gugup, bingung, kecewa atau marah dapat dijelaskan melalui mimik.
5.      Gerak-gerik
Dalam bermain drama, seorang aktor harus melakukan sejumlah gerakan yang sesuai dengan tuntutan naskah drama. Gerakan itupun harus sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan.
Gerak yang dipakai dalam teater (gerak teatrikal) ada bermacam-macam, antara lain:
a.       Business adalah gerak-gerak kesil yang dilakukan tanpa penuh kesadaran. Gerak ini dilakukan secara spontan dan tanpa terpikirkan (refleks).
b.      Gestures adalah gerak yang dilakukan secara sadar. Gerak yang terjadi setelah mendapat perintah dari otak.
c.       Movement adalah gerak perpindahan tubuh dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Gerak ini tidak hanya terbatas pada berjalan saja, tetapi juga dapat berlari, bergulung-gulung, melompat dan sebagainya.
d.      Guide adalah cara berjalan. Cara berjalan bermacam-macam. Cara berjalan orang tua akan berbeda dengan cara berjalan anak kecil, berbeda pula dengan cara berjalan orang yang sedang sakit dan sebagainya.
Dalam melakukan gerakan, seorang aktor dituntut untuk berimprovisasi/ menciptakan gerak-gerik yang bebas, indah dan artistik.
Latihan yang dapat dilakukan untuk menciptakan gerak teatrikal.
a.       Latihan cermin
b.      Latihan gerak dan tatap mata
c.       Latihan melenturkan tubuh
d.      Latihan gerak bersama
e.       Latihan gerak mengalir

1 komentar:

  1. El Yucateco Hotel & Casino - MapyRO
    MapyRO 성남 출장마사지 has 당진 출장마사지 3 outdoor pools 진주 출장안마 and can be enjoyed by golf, cycling, and ridesharing. You 진주 출장마사지 can even 계룡 출장마사지 try the El Yucateco Casino Hotel in El Yucateco

    BalasHapus